Category: Wisata Indonesia

Having Fun di Saat Libur Akhir Pekan di Jakarta Selatan

Having Fun di Saat Libur Akhir Pekan di Jakarta Selatan : Jika musim libur tiba, setiap orang bersiap-siap merencanakan untuk mengisi aktivitas liburannya. Liburan di Jakarta jangan dikira cuma mampir ke mal saja lho, meski Jakarta kelihatan hanya sebuah kota besar saja, namun sebenarnya Jakarta banyak sekali tempat untuk berlibur dan wisata. Mulai dari wisata alam, hiburan, belanja, hingga wisata kulinernya. Jakarta yang memiliki wilayah yang luas sekali, dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu Jakarta Utara, Timur, Barat, dan Selatan.

Jadi saat memutuskan untuk berlibur ke Jakarta, maka pilih secara bijak untuk rute, akomodasi, dan juga objek wisata. Jika memilih Jakarta Selatan sebagai destinasi liburan, berikut ini daftar tempat wisata agar bisa having fun di saat libur akhir pekan di Jakarta Selatan.

Kebun Binatang Ragunan

Objek wisata ini adalah kebun binatang yang pertama di Indonesia. Kebun Binatang Ragunan yang dibangun pada tahun 1864 ini menempati lahan dengan luas 140 hektar. Di sini terdapat koleksi berbagai satwa dengan jumlah melebihi 3000 ekor. Sekitar 90% dari koleksi satwa di Kebun Binatang Ragunan adalah hewan-hewan asli dari dalam negeri. Karena merupakan kebun binatang pertama dan terbesar di Indonesia, maka terdapat Pusat Primata Schumyzer yaitu pusat pelestarian primata sebagai pusat pelestarian primata terbesar di dunia.

Karena di Kebun Binatang Ragunan banyak tumbuh pohon-pohon besar yang rindang di kompleks kebun binatang, akan terasa sejuk saat mengelilingi kebun binatang yang areanya luas ini. Suasana sejuk dengan hutannya, membuat Kebun Binatang Ragunan begitu mirip Kebun Raya Bogor.

Beberapa tahun belakangan kebun binatang Ragunan telah banyak dilakukan renovasi dan pemberlakukan bebas pedagang kaki lima. Sistem audit dijalankan sehingga satwa-satwa berharga yang ada disana terawat dengan baik sehingga dapat mengibur para pengunjung kebun binatang.

Kebun Binatang Ragunan sangat cocok sebagai tempat wisata untuk keluarga. Ada beragam area wisata yang bisa dinikmati disini, ada Taman Perahu, Rakit Wisata, Taman Satwa Anak, dan bila membutuhkan arahan dan info seputar kebun binatang, tersedia pusat informasi. Kebun Binatang Ragunan terletak di Ragunan, Pasar Minggu, dengan alamat lengkap Jl. R.M. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan.

Taman Anggrek Ragunan

Ternyata bukan cuma ada kebun binatang saja di Ragunan, tapi juga taman anggrek ada disini. Taman Anggrek Ragunan letaknya tak jauh dari Kebun Binatang Ragunan. Disini dapat melihat beragam jenis tanaman bunga anggrek yang dibudidayakan. Tentu saja wisata anggrek ini sangat menarik, karena akan disuguhi pemandangan bunga anggrek penuh pesona dengan aneka warna. Disamping itu pengunjung juga bisa menambah wawasan seputar anggrek. Taman anggrek sudah dioperasikan sejak tahun 1973, dan kini sekitar 5000 spesies anggrek tumbuh di sini, bahkan pengunjung juga bisa beli bunga anggreknya. Selain berjalan-jalan, pengunjung juga bisa mengambil foto-foto yang indah di antara anggrek yang cantik.

Menikmati Keindahan Angkasa dari Planetarium dan Observatorium di Indonesia

Menikmati Keindahan Angkasa dari Planetarium dan Observatorium di Indonesia

Banyak cara mengajak anak-anak untuk mengisi masa liburannya. Ada yang dengan bermain di mal, menonton film bioskop, mandi berenang di pantai, air terjun, kolam renang dan taman air (water park), mengunjungi kebun binatang, museum, dan lain-lainnya. Di antara banyak  kegiatan ini ada yang sifatnya mendidik atau edukatif dan juga ada yang sekadar hura-hura. Jika ingin mengajak anak-anak rekreasi ke tempat wisata yang bernilai edukatif sambil menikmati indahnya angkasa raya, terdapat suatu jenis wisata pendidikan yaitu mengunjungi Planetarium dan observatorium. Di Indonesia, planetarium cuma ada di 3 kota, yaitu di kota Jakarta, Surabaya, dan Tenggarong di Kalimantan Timur. Sementara di Bandung, terdapat observatorium Boscha yang sudah ada sejak dari zaman Belanda.

Planetarium Jagad Raya di Tenggarong, Kaltim

Di Taman Tata Surya di Tenggarong, Kaltim ini kita menikmati keindahan alam raya penuh bintang-bintang, planet serta objek langit lainnya dalam pertunjukan simulasi langit ruang angkasa. Ruangan teater bentuknya setengah bola melingkari proyektor.

Alat proyektor dengan 100 lensa memproyeksikan gambar-gambar galaksi, matahari, bulan, meteor, komet, bintang, dll. Pengunjung akan merasakan sensasi luar biasa seolah sedang petualang di ruang angkasa. Planetarium tercanggih di Indonesia ini merupakan Planetarium Jagad Raya di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Prov. Kaltim yang satu-satunya di Asia Tenggara menggunakan proyektor Powerdom Velvet, mampu menampilkan film tiga dimensi tanpa perlu kacamata khusus.

Wahana ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi. Khusus teater galaksi dan film animasi diputar setelah kuota pengunjung 25 orang. Jika belum cukup 25 orang pengunjung bisa menunggu sambil melihat-lihat pameran foto bintang dan planet di ruangan lain serta miniatur planet-planet dalam galaksi bima sakti. Harga tiket untuk pengunjung dewasa Rp 7.500 sedangkan anak-anak Rp 5.000.

Planetarium dan Observatorium Jakarta

Langit ibukota yang sudah terhalang beragam polusi udara membuat sulit sekali menikmati taburan bintang gemintang, kilasan meteor, atau sekedar mengaitkan berbagai titik hingga menjadi rasi bintang guna menambah ilmu anak-anak. Planetarium Jakarta adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan angkasa.

Untuk mencapai Planetarium ini cukup mudah, kita menuju lokasi di Jalan Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM). Bagi anda yang mau datang dengan rombongan (keluarga ataupun sekolah), disarankan agar sebelumnya memesan tiket ke pengelola karena Planetarium memprioritaskan pengunjung rombongan dengan menelepon ke 021 – 2305146. Jadwal Penayangan film: Senin tutup karena jadwal maintenance, Selasa-Jum’at: Umum 16:30, untuk rombongan boleh booking pada jadwal sebelum jam tersebut. Sabtu, Minggu dan Libur Nasional: Setiap 10:00, 11:30, 13:30 dan 14:30. Jum’at dan Libur Nasional: Setiap 10:00, 11:30, 13:00, 15:00, 16:30. ¬†Tiket untuk anak-anak hanya Rp.3.500 sedangkan dewasa, Rp.7.000.